Sabun Cair yang Bagus dan Aman Bagi Kulit Tropis

Sabun cair kini merupakan sabun favorit yang banyak dipilih oleh konsumen di Indonesia daripada sabun batang. Pasalnya, selain pemakaian yang lebih praktis dan higienis, sabun cair juga dilengkapi dengan varian berbagai aroma yang lebih tajam dan memikat dibandingkan dengan sabun batang. Namun dari segi kualitas sabun tersebut, tentu saja tidak akan bisa dinilai dari aromanya saja. Sabun cair yang bagus akan tetap mampu memberikan manfaat yang sama dengan sabun batang, karena bagaimanapun rata-rata sabun cair lebih mahal dari sabun batang.

sabun mandi untuk kulit kering,untuk kulit kering dan gatal,sabun wajah untuk kulit sensitif,dan berjerawat,untuk kulit berminyak dan kusam,merk sabun muka untuk kulit berminyak,handbody,
Apakah Perbedaan Sabun Cair dan Sabun Batang?
Ternyata menurut penelitian para ahli, sabun cair dan sabun batang memiliki fungsi yang sama, yakni membersihkan tubuh dan menyehatkan kulit. Menurut dr Atika, dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RSCM, baik sabun cair atau sabun batang mempunyai fungsi yang sama. Jenis sabun memang bisa berbeda, aroma dan bentuk juga bisa tak sama, namun kandungan yang terdapat di dalamnya rata-rata sama. 

Senada dengan pendapat dr. Atika, Senior Brand Manager Lifebuoy, Ibu Indriani juga memberi informasi yang sama. Kandungan antara sabun cair dan sabun batang rata-rata sama, perbedaan mungkin bisa terjadi dari kenyamanan saja. Sabun cair biasanya lebih terasa nyaman dipakai, karena baunya lebih segar dan tahan lama. Namun sebagian orang juga meyakini bahwa sabun batang lebih nyaman karena memberi efek kesat yang terasa bersih. Meskipun demikian, sebenarnya bagaimanakah kriteria sabun yang bagus itu?

Kriteria Sabun yang Bagus Untuk Kulit
Terlepas dari urusan merk, sabun batang ataupun sabun cair yang baik untuk kulit hendaknya memenuhi beberapa kriteria utama, yaitu bisa membersihkan kulit, memiliki aroma terapi, dan juga mengandung moisturizer yang bisa menjaga kelembaban kulit. Rata-rata semua sabun bisa membersihkan kulit, dan aroma terapi pula tergantung pada selera masing-masing konsumen. Namun tidak semua sabun cair memiliki kesamaan kandungan moisturizer. Anda harus cermat-cermat memilih, agar sabun yang Anda pakai bukan hanya membersihkan, namun juga bisa menjadi pelembab kulit. 

Selain itu, sabun cair yang bagus juga harus bisa membersihkan tujuh area terkotor tubuh dengan sempurna. Nah, tujuh area yang dimaksud tersebut adalah area belakang telinga, seluruh leher, daerah lipatan lengan, ketiak, selangkangan, seluruh bagian punggung, dan kedua kaki. Mandi yang sehat minimal dilakukan dua kali sehari, meskipun harus dilakukan di malam hari. Memenuhi tanggung jawab dengan mandi sehat dua kali sehari akan lebih logis dan berguna, daripada Anda tertarik dalam mitos yang berkata bahwa mandi di malam hari bisa menyebabkan penyakit rematik. Tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan Anda bisa mengalami penyakit rematik karena salah mandi di malam hari.