Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71

– Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh, Halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71

Tema 3 Kelas 5 SD Subtema 2 Pembelajran 4


 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71

Kunci Jawaban Tematik Halaman 65

Ayo Berdiskusi

Masih ingatkah kamu dengan gambar aktivitas pasar di atas? Ceritakan hasil pengamatanmu kepada teman sebangkumu. Menarik untuk dicermati bahwa dalam kehidupan kita sehari-hari, kita dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki begitu banyak perbedaan. Akan tetapi semuanya saling bekerja sama.

Tuliskan alasan-alasan mengapa orang-orang yang memiliki perbedaan seperti perbedaan agama, suku bangsa, usia, dan pekerjaan dapat saling membantu dan bekerja sama?

Kamu dapat menuliskan alasanmu dan juga menanyakan kepada teman-teman yang lain tentang alasan mereka. Tuliskan semuanya dalam kotak-kotak di bawah ini.

1. Menurut pendapatku, semua orang dapat saling bekerja sama sekalipun berbeda agama, suku, adat istiadat, dan pekerjaan, untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama.
2. Perbedaan tidak menghalangi upaya saling membantu dan bekerja sama karena tidak semua kebutuhan manusia dapat dipenuhi oleh diri sendiri.
3. Semua orang dapat saling bekerja sama sekalipun berbeda agama, suku, adat istiadat, dan pekerjaan, untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama.
4. Manusia pada dasarnya adalan makhluk sosial yang selai membutuhkan manusia lain.
5. Bangsa Indonsia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 66

Ayo Mengamati

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71
 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71

Apa yang kamu lihat dari beberapa gambar di atas? Apakah hubungan semua gambar tersebut dengan gambar peta Indonesia? Jelaskan!
Jawab:
Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau. Dengan ribuan pulau yang dimilikinya, Indonesia memiliki keragaman budaya dan adat istiadat yang mewarnai kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu, kita sebagai anak bangsa seharusnya mampu saling menghargai dan menghormati perbedaan yang dimiliki dan menggunakannya sebagai modal pembangunan.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 67

Ayo Membaca

Bangsa Indonesia memiliki sebuah semboyan yang luar biasa, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan. Bahwasanya, sekalipun di Indonesia terdapat begitu banyak suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa, dan lain-lain, semuanya bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air. Perbedaan dan keanekaragaman yang ada justru menjadi sebuah kekuatan yang pada akhirnya memperkaya sifat budaya bangsa Indonesia dan lebih memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71

• Apakah yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di depan? Berikan pendapatmu!
Jawab:
Perbedaan yang ada di sekitar kita merupakan kekuatan yang tidak dimiliki oleh banga lain. Dengan keragaman yang dimilikinya, manusia saling bekerja sama dan bahu-membahu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik secara ekonomi, sosial, dan budaya.

• Berikan contoh-contoh kegiatan yang dapat kita lakukan atau mungkin sudah kamu lakukan untuk mendukung keberagaman social di lingkungan sekolah!
Jawab:
Saling membantu saat ada kesulitan, membersihkan ruang kelas dan lingkungan sekolah, dan belajar kelompok

Dengan keberagaman, manusia dapat saling bekerja sama dan bahu membahu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara ekonomi, sosial, maupun budaya. Beragam profesi pun berkembang dan mendukung pemenuhan kebutuhan hidup. Bahasa Indonesia yang dipergunakan juga merupakan satu contoh hal yang menjembatani perbedaan sosial budaya yang terdapat dalam masyarakat Indonesia.

Amatilah gambar-gambar di bawah ini!

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71

Kegiatan apa saja yang sedang dilakukan oleh anak-anak dalam gambar tersebut?

Apakah kamu pernah melihat kegiatan seperti itu di lingkunganmu? Coba ceritakan hasil pengamatanmu di depan kelas.

Kedua gambar di atas bercerita tentang upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya. Bahasa Indonesia merupakan contoh upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya. Kegiatan seni yang bertujuan melestarikan budaya nusantara juga merupakan sebuah upaya pembangunan sosial budaya. Contoh lain dari pembangunan sosial budaya adalah dengan semakin terbukanya kesempatan bagi kaum wanita untuk bersekolah dan menuntut ilmu setinggi mungkin. Masih banyak lagi contoh-contoh pembangunan sosial budaya yang terdapat di sekitar kita. Amatilah daerah sekitarmu.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 68

Temukan contoh-contoh upaya manusia dalam pembangunan sosial.
Buatlah dalam bentuk laporan pengamatan sederhana.
Jawab:
Laporan Hasil Pengamatan
Judul Laporan:
Laporan Pengamatan Pembangunan Sosial Budaya

Tujuan Laporan:
Mengetahui bentuk-bentuk pembangunan sosial budaya
Tempat Pengamatan:
Purwokerto

Tanggal Pengamatan:
29 Agustus 2018

Hasil Pengamatan:
Pembangunan Sosial Bidang Kesehatan
Pembangunan di bidang kesehatan antara lain dengan Program Lingkungan Sehat, Perilaku Sehat, dan Pemberdayaan Masyarakat. Perbaikan Gizi Masyarakat, Obat, Makanan, dan Bahan Berbahaya

Pembangunan Sosial Bidang Kesejahteraan Sosial
Di bidang kesejahteraan sosial meliputi pengembangan ketahanan sosial, peningkatan apresiasi terhadap penduduk lanjut usia dan veteran, peningkatan kepedulian terhadap penyandang masalah sosial.

Pembangunan Sosial Bidang Kependudukan dan KB
Di bidang kependudukan dan keluarga berencana yaitu: peningkatan kualitas penduduk melalui pengendalian kelahiran, penurunan angka kematian, peningkatan kualitas program keluarga berencana.

Pembangunan Bidang Kebudayaan dan Pariwisata
Di bidang kebudayaan dan pariwisata adalah pengembangan dan pembinaan kebudayaan nasional, pelestarian apresiasi nilai kesenian dan kebudayaan tradisional, perwujudan kesenian dan kebudayaan tradisional Indonesia sebagai wahana pengembangan pariwisata, dan pengembangan pariwisata.

Pembangunan Bidang Kedudukan dan Peranan Perempuan

Di bidang kedudukan dan peranan perempuan meliputi: peningkatan kedudukan dan peran perempuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Misalnya semakin terbukanya kesempatan bagi kaum wanita untuk bersekolah dan menuntut ilmu setinggi mungkin.

Pembangunan Sosial Bidang Pemuda dan Olah Raga
Di bidang pemuda dan olahraga meliputi: penumbuhan budaya olahraga, peningkatan usaha pembibitan dan pembinaan, pengembangan minat dan semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda, dan pelindungan bagi generasi muda dari narkoba.
Kesimpulan    :    Pembangunan sosial dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dimana kebutuhan setiap anggota masyarakat secara sosial, ekonomi, dan spiritual dapat terpenuhi.

Simaklah percakapan antara Beni dan Siti di bawah ini!
Dayu: “Kalau kamu, apa contoh yang dapat kamu berikan tentang pembangunan sosial budaya, Ben?”
Beni: “Menurutku, acara kuliner nusantara yang sering diadakan di lingkungan sekitar kita merupakan contoh pembangunan sosial budaya. Dengan begini, kita dapat melestarikan makanan khas daerah, kita juga turut memperkenalkannya kepada orang-orang lain yang berbeda kebudayaan dengan kita untuk turut mencicipi dan bersama-sama menikmati makanan khas daerah tersebut.”
Siti: “Betul sekali, Ben. Kamu tahu tidak? Acara kuliner nusantara yang diadakan minggu lalu itu sukses besar, lho. Semuanya berkat iklan-iklan di media cetak dan elektronik yang beredar sejak sebulan sebelumnya.”

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71

Iklan memang harus dibuat semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian mereka yang melihatnya. Oleh karena itu, penting untuk selalu berhati-hati dalam penyampaiannya.

Berikut adalah kegiatan yang sebaiknya dilakukan bersama-sama dengan orang tua di rumah.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 69

Ayo Mengamati

Amatilah dua buah iklan di televisi dan tulis kata kunci dari iklan tersebut.
Diskusikan dengan teman-temanmu keesokan harinya tentang iklan dan kata kunci yang kamu temukan.

Jawab:
1. Iklan Yakult
Kalimat Iklan:
Lebih dari 100 penyakit berasal dari usus.
Kata Kunci:
Cintai Ususmu Yakult Setiap Hari

2. Iklan Axis
Kalimat Iklan:
Rabu Rawit Rabu Wajib Irit.
Kata Kunci
Irit itu Axis

Ayo Membaca

Bacalah percakapan di bawah ini secara bergantian!
Siti: “Jadi tidak kita belajar bersama hari ini?”
Udin: “Jadi ya, di rumahku!”
Dayu: “Asyik!”
Udin: “Aku sudah menyiapkan minuman ringan, lho. Itu yang sedang banyak diiklankan akhir-akhir ini di televisi. Sejak saat ada iklan itu, aku selalu membelinya.”
Siti: “Wah, setahuku, semua jenis minuman ringan itu tidak baik bagi kesehatan, Din. Kadar gula dan pengawetnya tinggi. Belum lagi bahanbahan kimiawi lainnya. Jangan terlalu sering mengonsumsi minuman ringan seperti itu.”
Udin: “Bisa jadi kamu benar, Siti, pamanku pun pernah mengatakan hal yang
sama. Namun, di iklan disebutkan bahwa minuman ini mengandung banyak vitamin dan mineral. Artinya, minuman ini juga memiliki manfaat, bukan?”
Dayu: “Tentu saja, semua iklan dimaksudkan untuk menarik hati pembelinya, Din. Akan tetapi, tidak semua yang diiklankan itu memang benar adanya. Kita harus selalu berhati-hati dalam memilih apa yang akan kita konsumsi.”
Siti: “Setuju dengan Dayu. Wah, ternyata penggunaan kata-kata kunci itu sangat bermanfaat ya, terutama untuk menarik perhatian pendengar dan pembacanya.”

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71

Infused water atau spa water atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan air infus sedang menjadi tren kesehatan yang baru di luar negeri. Kini air infus juga merebak sampai di Indonesia.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 71

Air infus ini adalah air bening yang telah diberi tambahan potongan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu. Air infus bermanfaat bagi kesehatan. Secara teknis, air infus dibuat dengan memasukkan irisan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya.

Namun, jangan hanya ikut-ikutan mengonsumsinya. Kenali dahulu manfaat dari bahan-bahan yang dimasukkan ke dalam air dalam botol tersebut. Dengan mengenali manfaat dari bahan-bahan yang digunakan, kita dapat memperoleh lebih banyak manfaat yang sesuai dengan kebutuhuan tubuh kita.

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71

Buatlah ulasan sederhana tentang percobaanmu membuat infused water.
Jawab:
Infused Water
Infused water atau spa water atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan air infus sedang menjadi tren kesehatan yang gres di luar negeri. Air infus ini ialah air bening yang telah diberi embel-embel cuilan buah atau herbal sehingga memperlihatkan sensasi rasa air tertentu. Air infus bermanfaat bagi kesehatan. (Orientasi)

Air infus dibentuk dengan memasukkan irisan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian didiamkan beberapa jam hingga sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya. Bahan-bahan yang dimasukkan ke dalam air dalam botol tersebut tentunya mempunyai banyak manfaat yang sesuai dengan kebutuhuan badan kita. (Tafsiran)

Hasil adonan air putih dengan buah-buah, ini dipercaya sari-sari dari buah akan keluar dan memperlihatkan efek segar alasannya ialah infused water harus melalui proses ‘pendiaman’ selama beberapa jam. Banyak jenis buah sanggup saja digunakan walaupun tidak semua sanggup diracik menjadi infused water. Beberapa jenis buah yang sering digunakan ialah stroberi, kiwi, lemon, jeruk, mangga, nanas, apel dan belimbing.

Biasanya, infused water akan dimasukkan ke dalam kulkas selama minimal 5 atau 6 jam dan beberapa buah sanggup diisi ulang hingga pemakaian 24 jam. Infused water sanggup tahan dari 3 hingga 5 hari dan semua kembali tergantung pada buah yang dipakai. (Evaluasi).

Infused water atau spa water sedang menjadi tren kesehatan yang gres di luar negeri dan sudah hingga di Indonesia. Air infus ini memperlihatkan sensasi rasa air tertentu. Sebaiknya kenali dahulu manfaat dari bahan-bahan yang akan digunakan semoga kita sanggup memperoleh lebih banyak manfaat yang sesuai dengan kebutuhuan badan kita. (Kesimpulan)



Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam