Cara Membuat Sabun Cair Laundry dan Detergen Bubuk Laundry

Cara Membuat Sabun Cair Laundry - Usaha laundry atau pencucian pakaian merupakan salah satu usaha yang menjanjikan apalagi di kota-kota besar. Kebutuhan akan jasa laundry semakin banyak membuat usaha ini semakin menjanjikan. Salah satu hal yang perlu diketahui sebelum membuka usaha laundry adalah bagaimana cara membuat sabun cair laundry atau detergen bubuk untuk usaha laundry. Pembuatan sabun laundry sendiri memang sangat menguntungkan karena bisa menghemat biaya produksi untuk membeli sabun cuci dan hasil produksi sabun laundry ini juga bisa Anda jual.

cara membuat deterjen cair laundry,rinso,ramah lingkungan,deterjen laundry terbaik,sabun laundry kiloan murah,harga sabun laundry,cara membuat parfum laundry,cara membuat sabun cair sendiri,
Sabun Cair untuk Laundry
Ada dua jenis sabun untuk laundry, yaitu sabun yang berbentuk cair dan berbentuk detergen. Untuk membuat dua jenis sabun ini tentu saja berbeda bahan dan cara. Untuk Anda yang ingin membuat sabun cair laundry sendiri berikut bahan yang harus dipersiapkan beberapa bahan sederhana.

Bahan-bahan sabun laundry:
• Sabun batangan 1 cup
• Soda ash 1 cup
• Asam sitrat ¼ cup
• Minyak esensial

Cara membuat sabun cair sendiri:
1. Siapkan panci diatas kompor lalu masukkan sabun batangan ke dalamnya yang sebelumnya sudah diisi dengan 2 gelas air. Panaskan sampai air mendidih dan sabun larut di dalamnya.

2. Masukkan asam sitrat dan soda ash ke dalam sabun batangan yang sudah mencair sambil terus diaduk sampai mengental.

3. Matikan kompor dan masukkan dalam ember dan biarkan sampai dingin. Sebelum dingin tambahkan minyak esensial secukupnya.

4. Masukkan dalam wadah plastik setelah sabun ini dingin. Tips cara membuat sabun cair adalah jangan masukkan dalam wadah ketika masih dalam keadaan panas.

Detergen Bubuk untuk Laundry
Jika Anda lebih suka menggunakan detergen bubuk untuk usaha laundry, ada cara untuk membuatnya tapi sebelumnya siapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini:
• Sabun batangan 1 cup
• Soda ash 1 cup
• Baking soda ½ cup
• Asam sitrat ½ cup
• Salt ¼ cup

Setelah semua bahannya siap, silakan ikuti langkah pembuatan detergen bubuk untuk laundry berikut ini:

1. Parutlah sabun batangan yang sudah disiapkan dengan menggunakan parut biasa atau dengan menggunakan penggilingan jika jumlahnya banyak.

2. Masukkan sabun yang sudah diparut dalam sebuah wadah kemudian semua bahan yang sudah disiapkan dicampur menjadi satu dan diaduk sampai benar-benar tercampur merata.

3. Biarkan campuran ini mengering agar tidak menggumpal.
4. Masukkan dalam wadah kedap udara untuk penyimpanan detergen ini. Agar pakaian bersih gunakan detergen bubuk ini beberapa sendok saja sesuai jumlah bajunya.

Bagaimana, tertarik untuk membuat sabun cair dan detergen bubuk sendiri untuk usaha laundry Anda? Cara membuat sabun cair laundry dan detergen bubuk ini bisa langsung Anda praktekkan, dimana semua bahan yang dibutuhkan bisa Anda dapatkan di toko bahan-bahan kimia. Biasanya bahan ini dijual secara bebas di pasaran khusus untuk pembuatan barang-barang kimia seperti sabun dan detergen.