Cara Membuat Sabun Mandi Cair Alami

Sabun Mandi Cair Alami - Sudah tahukah Anda kita dapat membuat sabun sendiri, misalnya cara membuat sabun mandi cair? Kini banyak produk-produk alat mandi seperti sikat gigi, pasta gigi, gayung dan juga sabun yang sudah banyak dijual di pasaran dengan merek yang berbeda-beda. Pada umumnya, sabun yang dibuat dengan menggunakan bahan herbal dan sabun yang dibuat dengan buatan tangan sendiri memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan sabun yang identik dengan buatan pabrik. Sabun yang diproduksi di pabrik lebih terkenal dan lebih cepatmasa produksinya karena menggunakan alat yang sudah canggih. Namun jika kita membuat sabun mandi cair sendiri maka memerlukan waktu yang lebih lama akan tetapi lebih sehat karena tidak menggunakan bahan yang berbahaya bagi kulit Anda.
cara membuat sabun cair alami sendiri,cara membuat sabun dari bahan alami,cara membuat sabun cair laundry,sederhana,cuci piring,cara membuat sabun cair cuci tangan,dari lidah buaya,herbal,

Seperti yang sudah kita tahu bahwa terdapat 2 jenis sabun mandi yang bisa digunakan oleh Anda. Jenis yang pertama adalah jenis sabun yang padat dan yang kedua jenis sabun cair. Sabun mandi yang padat bentuknya bisa bermacam-macam, ada yang bentuk kotak dan ada bentuk yang lingkaran maupun oval. Selain bentuknya yang kotak, tekstur sabun padat atau batang lebih padat dan empuk sehingga lebih tahan lama jika dibanding dengan sabun cair. Sedangkan jika sabun cair memiliki sifat dan tekstur yang cair sehingga harus tetap berada di dalam wadah agar tidak mencair dan cepat habis. Meskipun sabun terdiri dari dua jenis padat dan cair, namun fungsinya sama, yakni untuk membersihkan kotoran di tubuh dan mengharumkan badan.

Sabun cair mandi sendiri pun terdiri dari beberapa jenis, seperti sabun cair herbal, sabun cair wajah dan sabun cair alami. Untuk kali ini, kami akan menjelaskan cara membuat sabun cair alami yang mudah dan dapat digunakan untuk sabun mandi. Pada dasarnya, cara membuat sabun mandi alami tidak jauh berbeda dengan pembuatan sabun herbal. Namun untuk membuat sabun cair alami ini membutuhkan beberapa bahan yang langsung dari alam. Bahan alami untuk membuat sabun mandi cair yakni bisa di dapatkan dari sebuah buah klerak. Buah klerak ini sudah banyak digunakan oleh orang pada zaman dahulu. 

Sedangkan cara membuat sabun mandi bentuk cair yakni dengan menyiapkan bahan utamanya terlebih dahulu, kemudian tambahkan bahan alami tersebut dan sudah diambil sarinya. Agar merata sambil di aduk semua adonan tersebut, setelah selesai maka dinginkan dan tempatkan di dalam wadah agar aman. Namun sebagian langkah atau cara membuat sabun cari di dalam proses pemanasannya, ada yang mengaduknya menggunakan mixer namun pada proses sebelumnya membutuhkan blender untuk mencampurkan bahan utama dengan minyak sampai kental dan merata.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pembuatan sabun cair dengan membuatnya sendiri membutuhkan waktu yang lebih lama jika menggunakan alat pabrik. Namun dengan belajar membuat sabun cair sendiri Anda akan mendapatkan pengalaman dan ketrampilan. Demikian cara membuat sabun mandi cair.