Sabun Cuci Muka untuk Kulit Kering dan Manfaatnya yang Perlu Anda Tahu

Sabun cuci muka untuk kulit kering saat ini sudah banyak beredar di pasaran. Berbagai produk khusus untuk kulit kering saat ini sangat mudah untuk didapatkan, mulai dari yang harganya selangit yang hanya bisa di dapat di dokter khusus sampai yang sangat murah dan bisa ditemukan di berbagai minimarket di sekitar kita. Kulit wajah yang kering memang menjadi masalah yang cukup membuat para wanita pusing. Kulit wajah yang kering merupakan dampak dari menurunnya kelembaban yang ada pada lapisan epidermis kulit. Keadaan ini bisa mengakibatkan dampak yang negatif, yaitu berkurangnya elastisitas kulit. Dampak lainnya yang sering mengikuti adalah kulit menjadi sensitif, kemerahan dan tampak kusam. 

Penyebab Kulit Wajah Kering
Dehidrasi merupakan penyebab yang paling sering terjadi pada masalah kulit kering. Jika kita kekurangan cairan, atau terlalu banyak mengkonsumsi produk kafein dan gula, maka kulit kita akan sangat mudah mengalami kekeringan. Kurangnya konsumsi vitamin A dan B, serta kebiasaan makan yang tak sehat juga memberikan kontribusi besar terhadap masalah ini. Berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit yang digunakan sehari-hari juga bisa menjadi sebab terjadinya kulit kering. Apalagi jika kita sering menghabiskan waktu di ruangan ber-AC, sangat mungkin kulit wajah Anda menjadi kering. 

Perawatan Kulit Wajah Kering
Pertama, minumlah air dalam jumlah yang cukup setiap harinya agar Anda terhindar dari dehidrasi yang bisa menyebabkan kulit menjadi kekurangan cairan. Selanjutnya, makanlah makanan yang bergizi tinggi, yang mencakup buah-buahan, sayuran segar, kacang-kacangan dan biji-bijian. Makanan yang mengandung sulfur tinggi juga sangat baik untuk dikonsumsi, karena bisa menjadikan kulit Anda lembut. Gantilah minuman soda yang sering Anda minum dengan sari buah atau jus buah. Menghindari alkohol dan juga kafein sangat perlu dilakukan karena minuman-minuman tersebut akan sukses membuat kulit menjadi kering dan tampak kusam.

Agar kulit wajah Anda tidak terlalu kering, basuhlah muka Anda dengan menggunakan sabun muka khusus untuk kulit kering. Sabun muka untuk kulit kering biasanya sudah dilengkapi dengan kandungan yang diperlukan agar wajah menjadi lembab. Lakukanlah 2-3 kali sehari. Setelah itu, gunakanlah pelembab untuk menjaga kulit wajah Anda tetap lembab. Membersihkan kulit wajah dan menggunakan pelembab yang sesuai sebelum tidur sangat bermanfaat agar bisa mendapatkan kulit yang lembab dan kenyal.

Lakukanlah olahraga dengan teratur. Olahraga adalah cara paling sehat untuk mengeluarkan keringat. Melalui keringat inilah kotoran serta sel-sel kulit yang telah mati akan ikut keluar. Jangan lupa untuk meminum air yang cukup setelah olahraga, Agar tubuh tak mengalami dehidrasi. Itulah berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering. Namun jika kulit kering Anda sampai pada tahapan yang membahayakan, misalnya sering terjadi pengelupasan yang parah, sebaiknya Anda menghubungi dokter kulit yang Anda percaya. Karena kalau sudah sampai tahap ini, Anda bukan hanya memerlukan sabun cuci muka untuk kulit kering, namun memerlukan tindakan medis lebih lanjut.