Kerajinan Dari Sabun Mandi Batangan Mudah Dibentuk

Kerajinan dari sabun mandi batangan merupakan salah satu bentuk atau jenis kerajinan hias. Namun kerajinan hias ini berbeda dengan kerajinan hias lainnya karena pada kerajinan tahap ini terbuat dengan sabun mandi yang batangan bukan yang cair. Untuk menghasilkan kerajinan yang baik menggunakan sabun batang, maka sabun tersebut harus memiliki sifat yang padat karena akan digunakan sebagai dasar pada proses pengukiran sesuai yang diinginkan pembuat. Sabun batangan yang padat dipilih karena mudah dibentuk dan memiliki aroma yang harum sehingga mudah dijadikan sebagai hiasan kerajinan rumah. Contoh kerajinan sabun batangan ini yakni dapat dibentuk menjadi ikan, bunga, asbak, dan bentuk ukiran lainnya. 
kerajinan tangan dari sabun mandi batangan,cara membuat kerajinan dari sabun mandi yang mudah,dari sabun giv,sabun batang,dari sabun beserta gambarnya,sabun ukir,kerajinan sabun yang mudah dibuat,

Seperti yang kita ketahui bahwa manfaat dari sabun mandi batangan yakni digunakan untuk membersihkan badan serta mengharumkan badan. Namun selain mempunyai manfaat tersebut, sabun mandi batangan jika dikelola dan dimanfaatkan dengan baik dengan kreativitas maka dapat menghasilkan sebuah hiasan yang bagus dan berguna bagi rumah tangga. Banyak pengusaha yang memanfaatkan bisnis kerajinan dengan menggunakan sabun batangan. Dengan ide kreatif serta ketrampilan yang dimiliki maka banyak pengrajin yang mendapatkan keuntungan yang besar dan produknya sudah sampai hampir di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, banyak guru yang mengajarkan siswa untuk membuat sebuah kerajinan dari batang sabun ini. Sehingga kesimpulannya sabun mandi batangan dapat digunakan sebagai bisnis dan dapat digunakan untuk meningkatkan ketrampilan siswa.

Sabun batangan bisa dibuat menjadi beberapa hiasan rumah yang menarik dan indah. Namun sebelum membuatnya, pembuat harus memilih sabun mandi batangan yang memenuhi syarat. Syarat yang pertama, sabun harus padat atau tidak lembek dan mudah diukir. Untuk pengelolaannya dibagi menjadi dua tahap, yang pertama dengan cara diukir dan yang kedua dengan cara di parut. Untuk cara diukir ini pengguna akan lebih mudah jika ingin membuat bentuk seperti binatang, bunga, dan buah. Sedangkan apabila di parut maka harus dicampur menggunakan sagu dan air sedikit dan adonan dapat dibentuk menjadi plastisin sehingga mudah untuk dibentuk.

Setiap produk kerajinan yang menggunakan bahan apapun tentunya akan mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing. Untuk kelebihan kerajinan dari sabun mandi batangan ini yakni bahannya yang padat sehingga mudah dibentuk dan untuk mempercepat waktu tidak perlu diparut. Kerajinan menggunakan bahan sabun batangan menimbulkan aroma yang wangi sehingga cocok diletakkan di dalam rumah. Sedangkan untuk kekurangannya, kerajinan menggunakan sabun batangan ini tidak tahan lama terhadap air karena jika terkena air akan rusak. Selain itu, sabun ini tidak bisa dikirim ke tempat yang jauh karena akan mudah rusak jika terkena benturan.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin membuat kerajinan dari bahan sabun mandi batangan, harus dipikirkan secara matang-matang kelemahan dan kelebihannya. Demikian penjelasan mengenai kerajinan dari sabun mandi batangan, semoga bermanfaat bagi Anda, terima kasih.